Cara Mengatasi Flu Perut untuk Pertolongan Pertama

Untuk mengetahui cara mengatasi flu perut, anda harus memahami detail penyakit tersebut. Flu perut adalah radang dinding usus yang biasanya disebabkan oleh infeksi. Beberapa orang sering menyebut flu perust sebagai gastroenteritis. Sebagian besar infeksi disebabkan oleh virus, tetapi mereka juga dapat diakibatkan oleh bakteri atau parasit. Infeksi dapat menyebar melalui makanan atau air yang telah terkontaminasi dan bersentuhan dengan orang yang terinfeksi.

idntimes.com

Ketidaknyamanan utama yang disebabkan oleh flu perut adalah dehidrasi. Dehidrasi terjadi ketika terlalu banyak cairan dikeluarkan dari muntah dan diare. Flu perut adalah penyakit yang sering terjadi. Penyakit tersebut lebih sering terjadi pada bayi, anak kecil, orang tua, dan orang dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah. Cara terbaik untuk mencegahnya adalah dengan mencuci tangan. Anda harus mendiskusikan dengan dokter Anda untuk informasi lebih lanjut.

Beberapa gejala dan tanda flu perut termasuk sakit perut atau kram perut, diare, mual dan muntah, penurunan berat badan, demam, dan bahasa Inggris atau sakit kepala. Tergantung pada penyebabnya, gejala tersebut dapat muncul 1-3 hari setelah infeksi, dan dapat berjalan 1-2 hari terakhir, atau bahkan 10 hari. Mungkin ada tanda dan gejala yang tidak disebutkan di atas. Apabila Anda memiliki kekhawatiran tentang gejala yang dialami, segera konsultasikan pada dokter Anda.

Penyebab Penyakit Flu Perut

Ada beberapa hal yang harus anda hindari agar tidak terkena penyakit, sebelum menggunakan cara mengatasi flu perut dibawah ini. Flu perut merupakan penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus, bakteri atau parasit. Biasanya, infeksi ditularkan melalui makanan atau minuman yang terkontaminasi. Infeksi virus yang paling umum adalah norovirus dan rotavirus. Dalam kasus yang jarang terjadi, bakteri penyebab infeksi adalah E. coli dan Salmonella. Biasanya, bakteri ini ditemukan dalam daging mentah unggas atau telur yang terkontaminasi.

Ada banyak faktor risiko yang dapat menyebabkan ini terjadi. Sistem kekebalan orang tua biasanya lebih lemah, sehingga mereka lebih rentan terhadap infeksi. Bayi dan sistem kekebalan tubuh anak-anak juga lemah. Selain itu, ada beberapa kondisi yang dapat melemahkan sistem kekebalan Anda, seperti HIV / AIDS atau kemoterapi yang sedang berlangsung. Tinggal di daerah dengan sanitasi buruk. Risiko infeksi lebih tinggi jika Anda tinggal di daerah di mana air bersih tidak tersedia.

Cara Mengatasi Flu Perut

Flu perut adalah penyakit yang dapat diobati dengan beberapa perawatan. Flu perut biasanya diobati dengan banyak istirahat dan air. Dokter Anda akan meresepkan obat untuk mengurangi gejala Anda. Jika Anda terinfeksi bakteri, Anda akan memperoleh antibiotik dari dokter.

Jika Anda curiga terjangkit, cara mengatasi flu perut adalah Anda harus berhenti makan selama beberapa jam untuk mengistirahatkan perut Anda. Minumlah banyak air dan perlahan-lahan makanlah sesuatu yang dapat dicerna, seperti pisang atau bubur. Hindari susu, alkohol, kafein, makanan tinggi lemak atau makanan keras. Yang paling penting adalah istirahat lebih banyak.

Jika Anda memiliki pertanyaan, konsultasikan dengan dokter Anda untuk solusi terbaik bagu masalah yang sedang Anda alami. Untuk diagnosis yang akurat, dokter Anda dapat memeriksanya. Periksa riwayat medis dan pemeriksaan fisik. Tes tinja juga dapat dilakukan untuk mencari bakteri atau parasit.

Berikut adalah perubahan gaya hidup dan pengobatan rumahan yang dapat membantu Anda menggunakan cara mengatasi flu perut. Pertama, Anda harus mengikuti instruksi dokter dengan benar. Biasakan banyak istirahat dan minum banyak air setiap hari. Selalu cuci tangan sesering mungkin, terutama setelah dari kamar mandi. Mulailah dengan makanan lunak yang mudah dicerna. Selain itu, kehati-hatian harus diutamakan saat menyiapkan dan memasak makanan.

Sumber: alodokter.com

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to " "

Posting Komentar