Penyebab Popok Bayi Perekat Bocor saat Dipakai dan Solusinya



Peralatan bayi termasuk popok akan sangat membantu bayi dalam melakukan aktivitasnya dan tentunya mempermudah Anda sehingga tidak perlu terlalu sering mengganti celananya. Pemakaian popok juga mengurangi beban pakaian kotor yang harus dicuci setiap harinya. Hanya saja Anda perlu mengetahui penyebab terjadinya kebocoran pada popok bayi dan solusi untuk mengatasinya.

1.      Popok Bocor dari Belakang
Penyebab terjadinya kebocoran popok pada bagian belakang karena adanya ruang ada diantara popok dan punggung bayi. Biasanya ini terjadi karena pemakaian yang tidak tepat sehingga popok menjadi longgar dan ketika bayi bergerak popok akan melorot. Kondisi ini membuat adanya celah untuk terjadinya kebocoran sehingga kotoran bayi dapat keluar dari popok.

Kebocoran pada bagian belakang juga terjadi karena pemakaian perekat pada popok direkatkan terlalu ke depan. Solusi untuk mengatasi kebocoran ini dengan memasang popok tepat di posisi bawah pantat bayi. Bagian belakang popok bayi harus lebih panjang dari bagian depan. Setelah itu pasangkan perekat secara diagonal ke arah bawah agar terpasang dengan kuat.

2.      Popok Bocor dari Samping
Penyebab terjadinya kebocoran popok dari bagian samping karena bagian popok di kaki bayi terlipat ke dalam. Penyebab lainnya karena pemasangan perekat ke luar dari areanya atau tidak terpasang dengan baik dan rata pada kedua sisi pinggang bayi.

Solusi untuk penyebab ini denga memastikan pemasangan perekat popok sudah benar, tidak ada bagian yang terlipat. Penting untuk Anda mengecek kembali setelah memasangkan popok. Perhatikan ukuran popok bayi, lakukan penggantian jika sudah sempit.

3.      Popok Bocor dari selangkangan
Penyebab terjadinya kebocoran pada bagian ini karena popok pada bagian selangkangan terlipat atau tidak sama lurus. Adanya celah di sekitar paha dengan popok sehingga saat bayi duduk atau kakinya telentang akan menyebabkan kebocoran.

Solusi untuk mengatasi kebocoran ini dengan memakaikan popok tepat pada pusar bayi. Pasangkan perekat pada bagian samping di atas lipatan kaki dengan menghadap keluar. Bila kebocoran terjadi saat popok telah terpasang, Anda tinggal menguatkan perekat secara diagonal untuk mencegah timbulnya celah pada bagian paha.

4.      Popok Bocor dari Area Perut
Penyebab terjadinya kebocoran popok pada bagian ini karena longgar pemasangannya di bagian perut. Terutama pada bayi laki-laki yang ketika dibaringkan maka area pipisnya akan mengalir ke bagian perut bayi. Caranya dengan pemasangan bagian depan lebih panjang dari belakang dengan menguatkan perekat di bagian pusar bayi. Pastikan arah penis bayi menghadap ke bawah.

Kebocoran pada popok harus dihindari agar tidak membuat celana bayi menjadi kotor. Kebocoran ini juga dapat berdampak pada kasur atau pun tempat bermain anak. Ketika terjadi kebocoran maka akan ada risiko kotoran bayi tercecer dan menambah kerja Anda.  Pemilihan popok yang digunakan haruslah ukuran yang tepat jangan menggunakan popok yang lapang.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Penyebab Popok Bayi Perekat Bocor saat Dipakai dan Solusinya"

Posting Komentar