Hindari Duduk Terlalu Lama Jika Tidak Ingin Terkena Risiko Ini


Menjaga kesehatan sendi seperti area lutut, leher dan pinggang merupakan keharusan demi kelancaran aktivitas pekerjaan sehari-hari. Namun bagi Anda yang memiliki keluhan seputar persendian, Anda bisa segera mengunjungi klinik lutut RSPI Jakarta yang memberikan konsultasi dan penanganan terbaik terkait dengan keluhan pada area lutut dan sendi. Jangan sampai Anda mengabaikan rasa sakit yang terasa dan justru mengarah pada peradangan yang berakibat makin buruk.

Terkait dengan menjaga kesehatan sendi, salah satu caranya adalah dengan tidak duduk terlalu lama. Karena nyatanya, duduk terlalu lama dapat meningkatkan beberapa risiko penyakit yang sangat menyulitkan mobilitas. Apalagi duduk menjadi salah satu aktivitas yang paling mudah dan sering dilakukan terlebih untuk para pekerja atau karyawan diperkantoran. Agar Anda semakin waspada terhadap risiko penyakit mengintai, yuk cek apa saja jenis penyakit yang bisa dialami jika duduk terlalu lama, simak sebagai berikut.

Meningkatnya risiko penyakit jantung

Bahaya dari duduk terlalu lama adalah berkurangnya aktivitas fisik yang bisa membuat tubuh Anda lebih berenergi. Salah satu kasusnya adalah ketika lemak dalam tubuh tidak diubah menjadi sumber energi karena kurangnya aktivitas fisik membuat lemak menjadi kian menumpuk dan menghambat aliran darah. Kondisi ini tentu akan meningkatkan risiko penyakit jantung jika dibiarkan bertahun-tahun.

Overweight

Berkaitan juga dengan minimnya aktivitas fisik, tidak hanya meningkatkan risiko penyakit jantung, melainkan juga akan meningkatkan masa lemak dalam tubuh dan berakibat pada kondisi overweight. Jika dibiarkan tentu akan berujung pada obesitas yang mengakibatkan lebih banyak lagi penyakit. Selain itu, terlalu lama duduk juga membuat Anda lebih berkemungkinan terkena sindrom metabolik yang ditandai dengan perut yang kian membuncit akibat tumpukan lemak yang tidak terurai dengan baik.

Otot yang melemah

Jika terlalu banyak melakukan aktivitas dapat membuat otot terasa tegang, maka terlalu lama duduk juga berdampak pada melemahnya otot pada tubuh. Akibatnya Anda akan merasa lebih sering lelah dan memilih untuk tetap duduk. Kondisi ini jika terus berlanjut dapat meningkatkan risiko terkena atrofi otot dan membuat Anda lebih rentan cedera terutama pada area kaki.

Tmbulnya sakit pada leher dan punggung

Kombinasi duduk yang terlalu lama dengan posisi dan postur tubuh yang salah akan membuat Anda lebih mudah merasakan sakit pada area leher, punggung dan pinggang. Pada kondisi ini, tulang pada area leher, punggung dan pinggang akan menegang sehingga terjadi kontraksi otot hingga pembuluh darah yang menyempit.


Itu dia beberapa penyakit yang dapat ditimbulkan jika Anda duduk terlalu lama dalam sekali waktu dan terus menerus. Untuk mengatasi hal ini, Anda bisa melakukan aktivitas ringan yang bisa dilakukan di kursi duduk Anda seperti peregangan otot leher, tangan, punggung dan pinggang serta kaki. Anda juga dapat melakukan aktivitas fisik dengan berolahraga di akhir pekan demi meningkatkan kekuatan otot dan melancarkan aliran darah yang mungkin terhambat.



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to " Hindari Duduk Terlalu Lama Jika Tidak Ingin Terkena Risiko Ini"

Posting Komentar